Tuesday, February 15, 2011

Saya, Internet & Gaya Hidup


Internet dan saya adalah sahabat yang baik. Bukan hanya saya saja yang sangat membutuhkan internet, bahkan internet saat ini juga sudah mulai membutuhkan saya (lho? Geer).

Banyak sekali pengguna internet banyak pula pemanfaatannya. Mungkin bagi orang kebanyakan internet merupakan gaya hidup semata, tempat ajang bersosialisasi di social media. Tempat bertemunya kembali teman-teman yang sudah lama terpisahkan oleh kesibukan dunia. Tempat pengaktualisasian diri, tempat dimana kita ingin mendapat pengakuan diri sebagaimana dunia nyata tidak pernah memberikan hal itu kepada diri kita.

Ada juga yang memanfaatkan internet untuk tugas sekolah, kuliah, referensi skripsi, kerjaan di kantor, dan lain sebagainya. Itu adalah segelintir contoh macam macam pemanfaatan internet. Tetapi pemanfaatan internet ini hanya sebatas rasa bukan nyata.

Internet sekarang juga banyak digunakan untuk bisnis, ini yang saya katakan bahwa pemanfaatan internet bisa menjadi nyata, yaitu uang. Dengan membuat online shop, seperti http://www.bhinneka.com dengan menjual barang-barang elektronik, menjual jasa, atau apapun yang memungkinkan dilakukan melalui internet. Lewat media maya ini, bahkan penghasilan pelaku bisnis online bisa jauh lebih besar ketimbang orang-orang yang melakukannya di dunia nyata.

http://gilajalan.com lah website pertama saya. Jangan ditanya manfaatnya, sangat banyak sekali.

Apa sih manfaatnya? Informasi. Rasa penasaran kita akan informasi ini lah yang membuat website ini sering dikunjungi dan akhirnya jadi bermanfaat. Tidak sedikit orang yang mencari info makanan di internet, sebelum mereka langsung pergi ke TKP, mereka biasanya searching dulu di internet, dan biasanya artikel saya jadi referensi nya.

Apalagi kalau untuk pasangan baru yang mau kencan pertama kali, malu dong sama pacar kalau belum tau info harga makanan yang mau dibeli. Bisa-bisa sampai tujuan uangnya kurang, atau malah tidak tau harus pesan apa. Duh! Jangan sampai deh hehe!

Manfaatnya tidak sampai disitu, bahkan baru-baru ini ada yang memberi komentar kalau website ini sangat berguna bagi mereka yang berdomisili di luar jakarta, ketika mereka berada di jakarta dan ingin mencicipi kuliner-kulinernya, mereka bisa memanfaatkan website ini sebagai food guide mereka.

Jadi ketika saya dilanda rasa malas luar biasa, biasanya saya diingatkan kembali oleh komentar-komentar 'terimakasih info nya' 'wah, benar, enak sekali rekomendasinya' atau komentar lainnya maka saat itu juga saya mendadak jadi rajin sharing kembali.

Begitulah kira-kira manfaat dari website kuliner saya ini. Bisa bermanfaat bagi orang lain adalah tujuan saya saat ini selain tentunya karena diri saya sendiri yang memang ingin membagi nya. Perasaan yang timbul adalah rasa puas dan senang ketika kita bisa berbagi cerita dan kemudian malah menjadi bermanfaat bagi orang banyak.

Sebagai bukti eksistensi GilaJalan.Com, website ini pernah mendapat undangan makan untuk grand opening Padan Village di Plaza Indonesia. Mungkin itu awal dari langkah manis yang dibuat oleh website ini. Selebihnya juga banyak tawaran-tawaran kerjasama lain, tetapi sayangnya belum terpikir untuk mendua dari website ini.

Jadi, bagi saya internet adalah suatu ruang dimana kita bisa mencurahkan dan berbagi apapun yang kita punya, bahkan secuil pengalamanpun bisa menjadi bermanfaat bagi orang banyak. Bukan sekedar gaya hidup, bukan sekedar ajang kumpul atau pamer, tapi bagi saya fungsi internet saat ini sudah sampai pada titik pemuas kebutuhan jiwa.

Tulisan ini saya buat sebagai tulisan untuk mengikuti Bhinneka Blog Competition yang diadakan oleh Toko Komputer Online Bhinneka.Com dalam rangka menyambut ulang tahun yang ke-18.

1 comment:

Related Post

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...