Tuesday, August 11, 2015

Cerita Arkana Bikin Paspor Online Tahun 2015

Assalamualaikum... Howdy...

Hari ini aku mau ceritain gimana behind the scene *halah* terealisasinya Arkana bikin Paspor tanggal 11 Agustus 2015.

First thing first, fyi aja nih aku bukan orang yang teliti, detail dan orang yang males banget berurusan sama birokrasi, you all know di Indonesia gimana.
Jadi when it comes to bikin paspor KTP KK and stuff nggak pernah buat sendiri hehe jangan dicontoh!

Tapi enggak untuk kali ini. Awalnya, aku dan suami sudah merencanakan akan membuat paspor untuk Arkana menggunakan birojasa. Karena sebelumnya aku dan suami juga buatnya juga via birojasa, karena alasan yang tadi. Setelah tanya-tanya, bikin paspor anak per 2015 ternyata biaya nya, 800.000. Setelah tawar menawar dapat diskon 50.000 jadi 750.000. My reaction was WOW:O. Sementara yang aku tau buat paspor sendiri biayanya adalah 300ribuan saja.

Pucuk dicinta, aku ketemuan sama temenku dan aku cerita mau buat paspor anak via birojasa dengan harga yang tadi itu, secara kebetulan ternyata dia baru aja buat paspor dan gampang banget karena via online. Dan bayarnya nggak mahal hanya 355.000!

Wow! Saat itu langsung aja aku info ke suamiku dan langsung googling persyaratan online apa aja. Surprisingly, gampang banget. Aku juga baca cerita nya Miund di blog nya, saat ini aku nulis blog di iPhone, once aku reach laptop aku insert link nya :) sangat membantu sekali ceritanya.

Gimana caranya? Aku info sendikit persyaratan dan step by step nya yah:

1. Apply online pastinya (link akan di insert once aku ketemu laptop)
2. Input semua data-data yang diperlukan termasuk memilih kantor imigrasi mana yang akan kita datangi
3. Jika sudah berhasil input semua data, kita akan dikirim dokumen via email yang telah kita input. Termasuk link konfirmasi yang nanti akan kita gunakan setelah membayar.
4. Print Out data-data yang harus di print. Termasuk form pembayaran.
5. Bayar via ATM BNI atau Kasir
6. Kalau bayar via ATM BNI, pilih menu pembayaran lalu pilih lainnya dan pilih imigrasi. Masukan nomer yang diberikan sebelumnya.
7. Setelah melakukan pembayaran, konfirmasi lagi melalui link email yang sudah dikirim sebelumnya. Masukan nomer jurnal bank.
8. Setelah berhasil, pilih tanggal untuk datang menyerahkan berkas dan foto.
9. Jika sudah disetujui, kita akan dikirimi email bukti asministrasi online.
10. And you are done!

Setelah dokumen online selesai, siapkan alat perang untuk datang ke imigrasi yah! Yah namanya juga buat bayi, banyak banget persiapannya walau ternyata ketika dijalani nggak seheboh kelihatannya.

Yang perlu dibawa saat datang ke imigrasi:

1. Dokumen asli (KTP ayah ibu, Paspor Ayah ibu, Buku nikah ayah ibu, KK, akte lahir Anak)
2. Foto kopi semua dokumen asli, semua foto kopi di lembar A4 yah jangan digunting-gunting nanti disuruh ulang fotokopi lho!
3. Surat izin orang tua, lebih baik googling aja deh lampiran nya lalu print dari rumah dan langsung di tempel materai dan tandatangan. Kalau nggak mau repot beli aja di koperasi imigrasi nya.

Selesai deh!

Persiapan batin *halah* di hari H:

1. Datang pagi. Aku sampe jam 7 pagi di Kanim mampang jaksel. Alhamdulillah dapet antrian no.5, karena paspor Anak termasuk prioritas bareng-bareng sama lansia.
Fyi, Paspor online antriannya lebih sepi dibanding paspor walk in. Jadi lebih baik bikin oline deh.
2. Bawa bekal, makanan kesukaan anak, mainan dan apapun kesukaannya mencegah anak Cranky dan nggak mood.
3. Pakai pakaian rapih ya buibu, pakbapak. Namanya juga mau dateng ke kantor nya pemerintahan he he he
4. Dokumen asli akan ditanyakan lebih dulu sebelum dapat no. Antrian dan akan dipanggil sesuai no. Urut, per kloter akan dipanggil 10 nomer antrian yang dimulai jam 8 teng
5. Setelah dipanggil, anak diminta duduk untuk foto
6. Terakhir tinggal menunggu pengambilan paspor yaitu 2 hari kemudian.
7. Dan selesai!

Alhamdulillah pembuatan paspor Arkana berjalan mulus semulus muka nya syahrini. Anaknya juga anteng banget padahal ngantuk dan sempet muntah karena bangun kepagian. Maklum anaknya biasa bangun jam 9 pagi hehehe.

Di Kanim Mampang juga tempatnya oke banget. Ada ruang menyusui, ada play room kecil yang bisa lah buat mood anak bagus waktu nunggu.

Dateng jam 7pagi, antriannya segitu tuh :O

Arkana kesenengan main di play room



Surpsise-surprise! Proses nya cuma 1 jam. Jam 7 dateng jam 8 selesai. Inti nya sih penyerahan berkas dan foto cuma 10menit, sisa waktunya untuk antri dan nunggu counter nya buka. Paling lama nya sih di jalanan pulang nya yah hehe.

Keren lah paspor online ini, lumayan worth it buat aku dan keluarga. Sangat efisien. Yuk buibu pakbapak, mending bikin paspor online aja. Selain mendukung kemajuan birokrasi Pemerintah Indonesia, kita juga pastinya hemat uang dong. Lumayan kan uangnya bisa buat ...beli lipstik! Bohong deng. Hehehehe...

Semoga tulisan aku kali ini membantu buibu dan pakbapak yang mau buat paspor anaknya atau buat sendiri ya. Sampe ketemu di postingan lainnya.

Bye peeps :)

No comments:

Post a Comment

Related Post

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...